Breaking News

Agenda / Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Agenda / Kegiatan Selama Bulan Ramadhan


Diceritakan bahwa Abu Hurairah bersabda:

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Didalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi”

(HR. Ahmad dan Nasa’i)


Diceritakan Abu Hurairah RA:
Rasulullah SAW bersabda, "Allah berfirman, 'Semua amal Bani Adam adalah untuk mereka, Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya.'

Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.

[Al Bukhari]


Agenda Ramadhan

Shalat Rawatib

Aishah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Dua belas rakaat yang ditunaikan seseorang maka sebuah rumah di surga akan dibangunkan untuknya, yakni empat rakaat sebelum zuhur, dua rakaat setelah zuhur, dua rakaat sebelum ashar, dua rakaat setelah magrib, dan dua rakaat sebelum subuh.” (HR. An Nasa'i)

[Tirmidzi] Diriwayatkan 'Ali: Bahwa Nabi SAW biasa shalat dua rakaat sebelum shalat Ashar. [Abu Dawood]

Shalat Tarawih

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya)

Tilawah Qur’an

Jadwalkan amalan tambahan menjelang waktu sholat seperti mengaji 2 halaman Al-Qur'an sebelum dan
sesudah shalat hingga dapat 1 juz sehari.

Amal Harian

Zikir pagi dan sore, bisa merujuk pada buku Hisnul Muslim ataupun referensi lainnya yg tetap mengacu pada Al-Qu'ran dan Sunnah

Tidak ada komentar