Modul Skolastik PPPK | KEMAMPUAN VERBAL : TES ANTONIM

KEMAMPUAN VERBAL TES ANTONIM Pengertian antonim Tes antonym merupakan salah tes bentuk kemampuan verbal yang dikerjakan dengan menentukan be...

KEMAMPUAN VERBAL : TES ANTONIM | Modul Skolastik PPPK

KEMAMPUAN VERBAL
TES ANTONIM


Pengertian antonim

Tes antonym merupakan salah tes bentuk kemampuan verbal yang dikerjakan dengan menentukan bentuk Bahasa yang memiliki makna atau arti berlawanan dengan bentuk Bahasa lain. Tes antonym sering juga kita sebut dengan tes perlawanan kata.

Antonim atau perlawanan kata terdapat beberapa jenis

a. Antonim berpasangan , merupakan kata-kata yang secara makna jelas bertentangan karena didasarkan pada makna pasangannya sehingga tidak bisa dipertentangkan tanpa kehadiran makna pasangannya. Jika salah satu unsur dinegatifkan, tidak serta-merta memunculkan pasangannya.

Contoh :
(ber)-dosa >< suci
Tidak ber-dosa ≠ suci
Istri >< Suami
Bukan istri ≠ suami
Pembeli >< penjual
Bukan pembeli ≠ penjual

b. Antonym melengkapi , merupakan kata-kata yang secara makna bertentangan, tetapi kehadiran makna salah satu kata bersifat melengkapi kehadiran makna yang lain.

Contoh :
Pertanyaan >< jawaban
Mencari >< menemukan

c. Antonym berjenjang, merupakan kata-kata yang secara makna mengandung pertentangan, tetapi pertentangan makna sifat berjenjang/bertahap/bertingkat.

Contoh :
Dingin >< hangat>< panas
Kaku >< luntur >< elastis
Mahal >< wajar >< murah


Tujuan dan fungsi antonym

  • Mengetahui perbendaharaan kosakata seseorang
  • Mengetahui kemampuan seseorang dalam menemukan lawan kata atau lawan arti kata dari kata yang terdapat pada soal
  • Mengetahui pengetahuan dan wawasan seseorang
  • Tes antonym atau lawan kata juga bertujuan untuk melihat kebenaran secara terbalik, sekaligus wawasan seseorang. Yang dimaksud dengan kebenaran terbalik adalah seseorang mengetahui sesuatunya benar atau salah tidak hanya secara fenomenologis, tetapi juga secara dialektis.

Tips dan trik

  • Perbanyak kegiatan membaca buku atau literature yang mendukung, karena seperti halnya tes sinonim dan antonym, dalam tes ini keleluasaan pengetahuan dan wawasan seseorang juga dapat dilihat.
  • Perbanyak perbendaharaan kosa kata, dengan jeli mencari/membaca arti kosa kata yang baru didapatkan/ diperoleh, di dalam kamus.
  • Pelajari materi-materi tessinonim dan antonym. Hal ini dikarenakan kedua tes ini sangat berkaitan. Dengan mengetahui makna sebuah kata, maka dapat diketahui pula lawan makna atau arti kata tersebut. Dengan demikian dapat mengerjakan tes dengan sesungguhnya.
  • Perbanyak berlatih dengan mengerjakan soal-soal antonim.
  • Perbanyak perbendaharaan kata dan mengasah pengetahuan juga dapat dilakukan dengan sering mengerjakan teka-teki silang.
  • Persiapkan diri dengan istirahat yang cukup. Sering kali, seseorang sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengerjakan tes. Namun, ketegangan atau kondisi fisik yang kurang prima, menyebabkan hasil tes yang tidak baik.
  • Usahakan tiba di tempat ujian lebih awal. Dan tidak terlambat.
  • Persiapkan hal-hal perlu dibawa pada saat ujian, seperti kartu ujian, kartu identitas, dan perlengkapan lainnya sebelum berangkat.


Contoh tes antonim yang sering keluar

Kera >< lembek
Naik >< turun
Kaya >< miskin
Surga >< neraka
Laki-laki >< perempuan
Atas >< bawah
Mahal >< murah
Lebar >< sempit
Rajin >< malas
Tinggi >< rendah
Panjang >< pendek
Pintar >< bodoh
Jujur >< bohong
Kebal >< rentan
Praktik >< teori
Elastic >< kaku
Imitasi >< asli
Primitive >< modern
Pro >< kontra
Positif >< negative
Jual >< beli
Maksiaml >< minimal
Antipasti >< simpati
Nyata >< maya
Datang >< pergi
Manual >< otomatis
Teliti >< ceroboh
Gagal >< berhasil
Hambatan >< dukungan
Vertica >< horizontal
Makro >< mikro
Virtual >< maya
Bukit >< lembah
Para >< pasca
Antagonis >< protagonis
Regresif >< progresif
Illegal >< sah
Kompromi >< pertentangan
Takut >< berani
Disanjung >< dihina
Poligami >< monogamy
Aktif >< pasif
Fakta >< opini
Gersang >< subur
Destruktiuf >< konstruktif
Berata >< ringan
Amatir >< professional



COMMENTS

Nama

2018 FIFA WORLD CUP RUSSIA,1,Administrasi,2,Agama,2,analitik,1,Analogi,1,Antomin,1,aplle,1,arti hidup,3,Article,2,Artis,1,Bencana,3,Berita,5,Bhs. Indonesia,1,British Propolis,1,Buah,1,Budaya,1,Buku,1,cerita bahasa Inggris,3,comic,2,Covid-19,4,CPNS,2,Dapodik,1,Destinasi,2,Dunia pendidikan,17,edukasi,3,Ekskul,1,english,4,english story,3,facts,1,Fakta,6,Film,2,Folktale,3,Food,3,Football,4,Foto,1,Game Online,1,Guru,2,Health,5,Health and Fitness,1,Hewan,1,Historis,3,Hobi,4,Hotnews,8,Ice Breaking,3,Indonesia,11,IndonesiaKu,7,info,4,Info Pendidikan,7,Infrastructure,2,IPA,9,IPS,2,Islam,6,Jawa,1,Kelas 3,2,Kelas 4,11,Kelas 5,1,Kemampuan Vervbal,3,Kesahatan,2,Kesehatan,2,Kisah Hebat,1,Kisah Teladan,1,Kompetensi Teknis,1,Kue,1,kurikulum,2,Kurikulum 2013,1,Latihan Soal,2,Lifestyle,1,Live,1,Matematika,5,Materi,14,Metal Health,1,modernization,1,Money,1,Movie,2,Negara,1,New,30,New Article,148,News,10,panduan,1,Papua,3,Parenting,1,Pariwisata,2,passenger ports,1,pedagogik,3,Pelabuhan Penumpang,1,Pembelajaran,16,penalarana logis,1,Perangkat,1,Pkn,1,PPPK,42,Pramuka,2,Psikologi,4,Psychology,1,puasa,6,Ramadhan,13,Ramdhan,5,rangkuman,1,renungan hati,2,Resep Makanan,2,Riviu Bhs. Indoneisa,4,Riviu IPA,4,Riviu IPS,4,Riviu MTK,5,Riviu Pedagogi,7,Riviu PJOK SD,7,Riviu PPKn,5,Riviu PPPK,36,Sains,5,Sci-Tech,3,Science,1,Sejarah,5,semester 2,1,silogisme,1,Sinonim,1,Skolastik,4,South East Asia,1,SPORT,8,story,3,Study English,1,syawal,1,technology,1,TED,1,Teknologi,4,Tekpram,1,tema 5,1,Tema 6,1,Tips & Trick,29,Tokoh,4,Usaha,1,Zakat,1,
ltr
item
SyamSun: Modul Skolastik PPPK | KEMAMPUAN VERBAL : TES ANTONIM
Modul Skolastik PPPK | KEMAMPUAN VERBAL : TES ANTONIM
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKjCgCXc4rfYGRwRRQMYFAUAtm3bXbO923cwflR40-vEcp-_HvBL30OrAeycDfYrlSUvATEU8lie3F3k_qfPny9op-RyR65w3BJkwGejske9-W2F9PCrwJ5O67qLipqIAZ2pNnIlJVcvk/w640-h360/Add-a-subheading.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKjCgCXc4rfYGRwRRQMYFAUAtm3bXbO923cwflR40-vEcp-_HvBL30OrAeycDfYrlSUvATEU8lie3F3k_qfPny9op-RyR65w3BJkwGejske9-W2F9PCrwJ5O67qLipqIAZ2pNnIlJVcvk/s72-w640-c-h360/Add-a-subheading.jpg
SyamSun
https://www.syamsun.com/2021/03/kemampuan-verbal-tes-antonim-modul.html
https://www.syamsun.com/
https://www.syamsun.com/
https://www.syamsun.com/2021/03/kemampuan-verbal-tes-antonim-modul.html
true
2602957277180905419
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content