Breaking News

Darimana Asal Warna Kermbang Api?

Ingin mengesankan teman-teman Anda sambil menunggu tampilan kembang api. Buat mereka kagum dengan pengetahuan Anda tentang kimia dasar dan biarkan mereka mengetahui rahasia kecantikan pelangi di langit malam.

Pelet kecil, dengan apik bernama "Statrs (bintang)," adalah kunci warna kembang api, EarthSky melaporkan. Bintang-bintang dipenuhi dengan berbagai kombinasi garam logam yang masing-masing menambah warna cerah pada kembang api ketika meledak.

Darimana Asal Warna Kermbang ApiUnsur kimia yang berbeda sesuai dengan warna yang berbeda: strontium karbonat untuk merah, kalsium klorida untuk oranye, natrium nitrat untuk kuning, barium klorida untuk hijau, dan tembaga klorida untuk biru. Kembang api ungu dibuat seperti halnya Anda bisa membuat cat ungu — dengan mencampur merah dan biru.

Menurut LiveScience, ketika Anda menyalakan sekering di luar tabung tebal kembang api, nyala api menyulut kantong bubuk hitam di dalam yang dikenal sebagai muatan lift, yang menyebabkan cangkang berisi bintang-bintang terlontar ke udara. Ketika naik, sekering waktu tunda mulai menyala di dalamnya dan, pada saat mencapai ketinggian maksimum, shell meledak, menyebabkan bintang-bintang di dalam mewarnai setiap helai ledakan.

Paul Nicholas Worsey, pakar kembang api dan profesor pertambangan dan teknik nuklir di University of Missouri di Rolla, mengatakan kepada LiveScience bahwa merah dan hijau adalah warna yang paling mudah untuk dibuat, sedangkan biru lebih sulit. Worsey mengatakan emas adalah yang terbaik jika Anda ingin kembang api Anda tetap berwarna untuk waktu yang lama, bahkan mungkin sampai menyentuh tanah.

Trik di balik kembang api yang sangat menyenangkan yang berubah warna setelah meledak itu sederhana: Bintang-bintang dilapisi dengan banyak garam logam. Setelah Anda melihat warna kembang api kedua, itu berarti bintang-bintang membakar melalui lapisan luarnya dan mencapai garam logam yang berbeda — seperti menjilat Gobstopper.



Tidak ada komentar