Breaking News

Sutra Laba-Laba yang Kuat dan Elastis

Sutra Laba-Laba yang Elastis
Jaring Laba-Laba Buatan
Penggunaan suatu benda disesuaikan dengan sifat benda tersebut. Misalnya, sifat kuat dan elastis pada sutra laba-laba. Elastis berarti bersifat lentur. Kekuatan dan elastisitas bahan sangat penting dalam industri. Dilihat dari keduanya, benang laba-laba merupakan bahan paling sempurna di dunia. 

Karena kekuatan dan elastisitasnya, sutra laba-laba digunakan sebagai sabuk pengaman mobil. 
Sutranya juga dipakai untuk membuat pakaian pelindung, misalnya rompi antipeluru. Industri pesawat terbang, tali dan kabel, serta peralatan olahraga juga menggunakannya. Benang sutra yang akan dimanfaatkan diambil dengan mesin-mesin khusus. Dengan cara ini dapat diperoleh 320 m sutra per hari per ekor laba-laba. Ilmu kedokteran merupakan bidang lain yang menggunakan benang laba-laba. Para ahli menggunakan benang laba-laba sebagai benang jahit untuk operasi. Misalnya, pada operasi urat.

Bagaimana sutra laba-laba menjadi sangat elastis? Sutra laba-laba dikeluarkan melalui alat pemintal dalam bentuk cairan. Cairan ini terbuat dari suatu protein. Cairan akan mengeras, kokoh, dan elastis jika bergesekan dengan udara. Sutra laba-laba juga sangat kuat, melebihi baja. Dalam jumlah besar, sutra laba-laba dapat menahan pesawat udara. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Ketika membuat sutra, pada saat yang sama laba-laba melapisinya dengan bahan cair. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya retakan. Oleh karena itu, cara ini digunakan industri kabel-kabel untuk mengangkat beban berat.

Tidak ada komentar