Breaking News

BENALU : Parasit yang Bermanfaat

BENALU : Parasit yang Bermanfaat
Benalu
Benalu hidup menumpang di dahan-dahan pohon. Tumbuhan ini mendapatkan julukan si parasit. Jika benalu tumbuh lebat, tanaman ini dapat mematikan tanaman induknya. Tumbuhan induk sering disebut inang. Benalu dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Tumbuhan ini menghasilkan getah yang lengket. 

Sebagian benalu bersifat setengah parasit. Daunnya tetap berwarna hijau sepanjang tahun sehingga dapat berfotosintesis sendiri. Tanaman ini hanya mengambil zat mineral dari inangnya. Kumpulan daun-daun benalu berwarna hijau dan bergerombol. Rata-rata daun benalu berukuran lebih kecil dibandingkan ukuran daun pohon inang.

Adanya burung pemakan biji membuat penyebaran benalu menjadi luas. Biji benalu tersebar bersama jatuhnya kotoran burung di ranting-ranting pohon. Burung juga dapat menjepit buah benalu dengan paruh. Hal ini dilakukan agar biji terlepas dari daging buah. Selanjutnya, burung menyeka paruhnya pada ranting terdekat. Biji yang bergetah akan lengket dan menempel tanaman inang. Bijinya akan berkecambah dan benalu muda pun tumbuh. 

Meskipun dianggap sebagai parasit, namun benalu memiliki banyak manfaat. Misalnya, benalu pohon teh. Benalu banyak digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Misalnya, mengobati sakit pinggang dan kanker. Hal ini sudah dibuktikan di Korea, RRC, bahkan di Eropa. Tanaman ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Tahukah kamu apakah yang dimaksud sel kanker? Kanker adalah sel yang membelah sangat cepat dan dapat menyerang sel lainnya. Penyakit ini sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Benalu jeruk nipis bermanfaat untuk mengecilkan amandel yang bengkak. Benalu kopi dan mangga dapat mengobati tumor, rematik, dan tekanan darah tinggi. Caranya dengan merebus benalu tersebut dan meminum airnya. Ternyata, banyak tumbuhan di sekitar kita yang berguna

Tidak ada komentar