Kunci Jawaban Riviu PPKn (Pembelajaran 1) : Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Kunci Jawaban Riviu PPKn Pembelajaran 1: Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1. Memusa...

Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK



Kunci Jawaban Riviu PPKn (Pembelajaran 1) : Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu PPKn
Pembelajaran 1: Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1. Memusatkan perhatian pada perkembangan siswa dan membentuknya menjadi pribadi yang tangguh dan baik sebagai warganegara sehingga dapat dilabelkan sebagai warganegara yang desirable personal quality merupakan hakikat dari?
Select one:
a. PPKn sebagai Pendidikan Hukum
b. PPKn sebagai Pendidikan Politik
c. PPKn sebagai Pendidikan Ilmu Sosial
d. PPKn sebagai Pendidikan Multikultural
e. PPKn sebagai Pendidikan Moral

The correct answer is: PPKn sebagai Pendidikan Moral
 


2. Koherensi tujuan dan capaian pembelajaran PPKn memusatkan pada 3 hal yaitu keterampilan, pengetahuan, dan karakter. Ketiganya diadaptasi di Indonesia untuk menjadikan warganegara yang baik dan cerdas. Namun tentunya secara pedagogis dan yuridis koherensi tersebut perlu berpusat pada kaidah-kaidah kurikulum untuk muatan pelajaran PPKn. Pertanyaanya, apa yang melandasi penjelasan tersebut?

Select one:
b. Adanya pendidikan moral
c. Perwujudan kompetensi peserta didik
d. Sinergi antar program pendidikan
e. Sebagai relevansi keilmuan
f. Sebagai sinergitas PPKn dengan kurikulum

The correct answer is: Sebagai sinergitas PPKn dengan kurikulum


3. Sebagai wahana pendidikan politik, tugas pentinya PPKn adalah konstruksi atribut Civic Intellegence, Civic Responsibility, dan Civic Participation. Ketiga atribut itu memungkin terbentuknya?

Select one:
a. Civil Law
b. Civil
c. Civil Society
d. Civil Global
e. Moral Society

The correct answer is: Civil Society
 


4. Transfer knowledge yang bersumber dari falsafah budi pekerti gagasan Ki Hajar Dewantara, merupakan prakonsepsi keilmuan PPKn di Indonesia yang berbasis pembentukan rasa kebangsaan yang suci, ketertiban dan kedamaian lahir batin terhadap warga Negara. Konsepsi ini merupakan bentuk lain dari konsep pendidikan?

Select one:
a. Religius
b. Multikultur
c. Norma
d. Social
e. Morality

The correct answer is: Morality


5. Mengambil kaidah dan urgensi makna penjewantahan pancasila kedalam pembelajaran PPKn menjadi prospek positif pembelajaran PPKn. Bagi peserta didik ini memungkinkan mereka dapat?

Select one:
a. Memberdayakan hakikat PPKn dalam memahami dan merealisasikan filosofi pancasila di dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.
b. Memberdayakan kedudukan pancasila sebagai dasar negara
c. Bersumbangsi aktif terhadap pembelajaran PPKn yang filosofis
d. Perwujudan dalam pembangunan nasional berdasarkan norma-norma hokum
e. Meningkatkan kapabilitas diri menjadi seseorang yang berguna bagi negara

The correct answer is: Memberdayakan hakikat PPKn dalam memahami dan merealisasikan filosofi pancasila di dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.
 

6. Perasaan moral sebagai suatu yang wajib, ikatan rasional akan kebaikan, dan rasa kebebasan, perlu dipedomani oleh seluruh warganegara Indonesia sebagai upaya mewujudkan?
Select one:
a. Kesadaran beraspirasi
b. Kesadaran hokum.
c. Kesadaran diri
d. Kesadaran politik
e. Kesadaran berkonstitusi
The correct answer is: Kesadaran berkonstitusi


7. PPKn merupakan program pendidikan yang berfokus pada pembentukan kepribadian yang berasaskan pada nilai-nilai Pancasila. Sehingga PPKn mengusung tradisi Citizenship Transmission ke dalam konsep utuh pembelajarannya yang bersifat?
Select one:
a. Value inculcation
b. Value civic
c. Value creation
d. Value competition
e. Value education

The correct answer is: Value inculcation
 

8. Tiga rumpun body of knowledge PPKn adalah ilmu politik, hukum, dan moral. Ketiganya perlu diedukasi kepada seluruh warganegara termasuk adalah peserta didik. Hal ini urgen dikarenakan?

Select one:
a. Upaya mewujudkan warganegara yang cerdas
b. Semangat patriotik warganegara
c. Semangat Kebangsaan
d. Semangat edukasi warganegara
e. Upaya mewujudkan warganegara yang terampil

The correct answer is: Upaya mewujudkan warganegara yang cerdas
 

9. Patriotik, toleren, setia terhadap bangsa dan negara, beragama menjadi karakter-karakter urgen bagi seluruh warganegara Indonesia. PPKn kedudukannya sebagai program pendidikan memiliki dalih yang kuat dengan mempondasikan ilmunya dan implikasi pembelajarannya berpusat pada?

Select one:
a. Nilai-nilai Pancasila
b. Nilai-nilai Sosial
c. Nilai-nilai Hukum
d. Nilai-nilai Religius
e. Nilai-nilai Kearifan Lokal

The correct answer is: Nilai-nilai Pancasila
 


10. PPKn berperan sebagai program studi yang memiliki tradisi social studies. Salah satu kajian yang sangat signifikan adalah sebagai program studi yang mentradisikan membentuk respon yang tinggi dan cerdas oleh peserta didik terhadap perkembangan isu politik, pemerintahan, maupun isu-isu sosial. Hal ini dikarenakan?

Select one:
a. Tradisi Kultural PPKn
b. Tradisi social science PPKn
c. Tradisi civil society
d. Tradisi Reflective Inquiri PPKn
e. Tradisi Citizenship Transmission PPKn

The correct answer is: Tradisi Reflective Inquiri PPKn
 


COMMENTS

BLOGGER: 6

Nama

2018 FIFA WORLD CUP RUSSIA,1,Administrasi,2,Agama,2,analitik,1,Analogi,1,Antomin,1,aplle,1,arti hidup,3,Article,2,Artis,1,Bencana,3,Berita,5,Bhs. Indonesia,1,British Propolis,1,Buah,1,Budaya,1,Buku,1,cerita bahasa Inggris,3,comic,2,Covid-19,4,CPNS,2,Dapodik,1,Destinasi,2,Dunia pendidikan,17,edukasi,3,Ekskul,1,english,4,english story,3,facts,1,Fakta,6,Film,2,Folktale,3,Food,3,Football,4,Foto,1,Game Online,1,Guru,2,Health,5,Health and Fitness,1,Hewan,1,Historis,3,Hobi,4,Hotnews,8,Ice Breaking,3,Indonesia,11,IndonesiaKu,7,info,4,Info Pendidikan,7,Infrastructure,2,IPA,9,IPS,2,Islam,6,Jawa,1,Kelas 3,2,Kelas 4,11,Kelas 5,1,Kemampuan Vervbal,3,Kesahatan,2,Kesehatan,2,Kisah Hebat,1,Kisah Teladan,1,Kompetensi Teknis,1,Kue,1,kurikulum,2,Kurikulum 2013,1,Latihan Soal,2,Lifestyle,1,Live,1,Matematika,5,Materi,14,Metal Health,1,modernization,1,Money,1,Movie,2,Negara,1,New,30,New Article,148,News,10,panduan,1,Papua,3,Parenting,1,Pariwisata,2,passenger ports,1,pedagogik,3,Pelabuhan Penumpang,1,Pembelajaran,16,penalarana logis,1,Perangkat,1,Pkn,1,PPPK,42,Pramuka,2,Psikologi,4,Psychology,1,puasa,6,Ramadhan,13,Ramdhan,5,rangkuman,1,renungan hati,2,Resep Makanan,2,Riviu Bhs. Indoneisa,4,Riviu IPA,4,Riviu IPS,4,Riviu MTK,5,Riviu Pedagogi,7,Riviu PJOK SD,7,Riviu PPKn,5,Riviu PPPK,36,Sains,5,Sci-Tech,3,Science,1,Sejarah,5,semester 2,1,silogisme,1,Sinonim,1,Skolastik,4,South East Asia,1,SPORT,8,story,3,Study English,1,syawal,1,technology,1,TED,1,Teknologi,4,Tekpram,1,tema 5,1,Tema 6,1,Tips & Trick,29,Tokoh,4,Usaha,1,Zakat,1,
ltr
item
SyamSun: Kunci Jawaban Riviu PPKn (Pembelajaran 1) : Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Kunci Jawaban Riviu PPKn (Pembelajaran 1) : Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEib20NZluSCkPKo7IBqMbywTgz178NGpe_z-6qwS_54zHgQOJuHdP5_r0BpdqNoxy7TLJ9pBvMW9BYFQZiKxnTmJs0FHDL5fI4sTCvWGVjn5dHQVxthQDJ-IcjHoyvMVwm-iyf3rpTNBYw/w640-h230/PGSD-PPKn.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEib20NZluSCkPKo7IBqMbywTgz178NGpe_z-6qwS_54zHgQOJuHdP5_r0BpdqNoxy7TLJ9pBvMW9BYFQZiKxnTmJs0FHDL5fI4sTCvWGVjn5dHQVxthQDJ-IcjHoyvMVwm-iyf3rpTNBYw/s72-w640-c-h230/PGSD-PPKn.jpg
SyamSun
https://www.syamsun.com/2021/03/kunci-jawaban-riviu-ppkn-pembelajaran-1.html
https://www.syamsun.com/
https://www.syamsun.com/
https://www.syamsun.com/2021/03/kunci-jawaban-riviu-ppkn-pembelajaran-1.html
true
2602957277180905419
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content