Kunci Jawaban Riviu PJOK SD (Pembelajaran 1) : Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Kunci Jawaban Riviu Bidang Studi PJOK SD Pembelajaran 1: Paradigma Baru PJOK 1. Manakah pernyataan yang ...

Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu PJOK SD : Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kunci Jawaban Riviu Bidang Studi PJOK SD
Pembelajaran 1: Paradigma Baru PJOK


1. Manakah pernyataan yang tepat mengenai perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan kesehatan?

a. Pendidikan jasmani membentuk bagian tubuh tertentu sesuai dengan fungsi kecabangan yang dikembangkan secara optimal sedangkan pendidikan kesehatan menjadikan peserta didik lebih tahu dan lebih baik tentang pengetahuan kesehatan.

b. Pendidikan jasmani menitikberatkan pada pencegahan timbulnya penyakit melalui aktivitas fisik sedangkan pendidikan kesehatan menitikberatkan pada pengetahuan tentang komponen kebugaran jasmani yang terkait dengan kebugaran dan kesehatan.

c. Pendidikan jasmani merubah perilaku peserta didik dalam menerapkan hidup sehat melalui aktivitas fisik sedangkan pendidikan kesehatan merubah perilaku hidup sehat peserta didik secara menyeluruh baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

d. Pendidikan jasmani dirancang sebagai pemenuhan kebutuhan gerak dasar dan keinginan peserta didik sedangkan pendidikan kesehatan dirancang untuk mencapai intensitas kerja fisik sehingga melebihi kemampuan optimal melalui aktivitas fisik

e. Pendidikan jasmani menjadikan peserta didik tahu tentang kesehatan dan mendapatkan manfaat tubuh yang sehat melalui akivitas fisik sedangkan pendidikan kesehatan menjadikan peserta didik lebih tahu dan lebih baik tentang pengetahuan kesehatan.



2. Kemajuan teknologi yang dicapai saat ini memberikan dampak pada kurang bergeraknya peserta didik. Melalui pendidikan jasmani diharapkan permasalahan tersebut dapat diatasi. Berikut merupakan manfaat dari pendidikan jasmani di sekolah?

a. mengenalkan pentingnya aktivitas fisik

b. menanamkan karakter pantang menyerah

c. memberikan kebebasan bergerak aktif

d. menanamkan karakter pantang menyerah

e. memenuhi kebutuhan anak akan gerak



3. Aktivitas jasmani dapat mengembangkan keterampilan sosial peserta didik. Berikut kondisi ideal yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan tersebut….

a. mendengarkan dan berbicara secara bergantian

b. selalu antusias dalam mengikuti pembelajaran

c. percaya diri untuk mempelajari hal-hal baru

d. motivasi yang tinggi dalam setiap penampilan

e. mudah menyesuaikan diri dengan anggota tim



4. Salah satu perbedaan antara pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga dapat ditinjau dari perlakuan yang tidak dipaksakan melainkan disesuaikan dengan kemampuan anak, sedangkan pendidikan olahraga cenderung dipaksakan. Pernyataan tersebut merupakan perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga ditinjau pada komponen?

a. intensitas

b. lamanya

c. orientasi

d. perlakuan

e. materi



5. Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan secara umum yang memanfaatkan alat fisik untuk mengembangkan keutuhan manusia. Salah satu bagian program pendidikan jasmani adalah pendidikan olahraga. Yang dimaksud pendidikan olahraga itu sendiri adalah…..

a. Aktivitas jasmani yang dilakukan dalam bentuk permainan olahraga di sekolah sebagai upaya untuk mengembangkan prestasi peserta didik.

b. Proses pendidikan individu secara menyeluruh yang dilakukan melalui kegiatan olahraga dan bertujuan untuk memperoleh prestasi setinggi-tingginya.

c. Bagian dari proses pendidikan untuk mengembangkan dan membina potensi jasmani dan rohani seseorang sebagai individu atau anggota masyarakat.

d. Proses pendidikan yang mengembangkan dan membina individu sebagai anggota masyarakat untuk mengaktifkan kegiatan olahraga di masyarakat.

e. Kegiatan olahraga yang dirancang dan dilaksanakan melalui pendidikan jasmani di sekolah untuk mengembangkan prestasi olahraga peserta didik.



6. Pada pendidikan jasmani, program yang dikembangkan sebagai sarana untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan totalitas subjek, sedangkan pendidikan olahraga merupakan program yang dikembangkan sebagai sarana untuk mencapai prestasi optimal. Pernyataan tersebut merupakan perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan olahraga ditinjau pada komponen….

a. orientasi

b. intensitas

c. materi

d. lamanya

e. tujuan



7.  Beban belajar di sekolah dalam masa pandemic Covid-19 memberikan dampak pada kurang bergeraknya peserta didik. Melalui pendidikan jasmani diharapkan permasalahan tersebut dapat diatasi. Hal efektif berikut manakah yang dapat memberikanmanfaat peserta didik di masa pandemi?

a. Mendesain pembelajaran untuk mengakomodir pemenuhan kebutuhan gerak.

b. Mendesain pembelajaran melalui metode permainan yang menggembirakan.

c. Memberikan lembar kerja siswa untuk melakukan berbagai pola gerak dasar di rumah.

d. Mendesain pembelajaran melalui aktivitas gerak yang cukup dan menggembirakan.

e. Memberikan kesempatan untuk bergerak sesuai kebutuhan gerak dan keinginannya.



8. Salah satu tujuan pendidikan jasmani adalah mengembangkan nilai-nilai pribadi dan sikap diri sendiri melalui partisipasi dalam aktivitas jasmani baik secara berkelompok maupun perorangan. Kondisi ideal yang bagaimana yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani dalam pembelajaran PJOK?

a. aktif bertanya tentang apa yang tidak diketahui dalam pembelajaran PJOK

b. motivasi dan percaya diri tinggi dalam mengikuti pembelajaran PJOK

c. berani mencoba dan mengambil resiko dalam pembelajaran PJOK

d. aktif melakukan gerakan-gerakan yang menunjang pembelajaran PJOK

e. memiliki pengetahuan tentang keterampilan gerak dalam pembelajaran PJOK



9. Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotor melalui aktivitas jasmani. Pada prinsipnya pendidikan jasmani adalah…..

a. aktivitas pendidikan yang dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik yang bertujuan untuk memanfaatkan waktu luang

b. pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional

c. aktivitas pendidikan yang dilakukan oleh guru untuk membina dan mengembangkan peserta didik secara terencana benjenjang dan berkelanjutan

d. pendidikan yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya

e. pendidikan tentang aktivitas jasmani dan keolahragaan yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga melalui permainan



10. Manfaat pendidikan jasmani di SD sebagai pemenuhan kebutuhan akan gerak anak. Sebagai guru, upaya yang dapat dilakukan adalah….

a. pembelajaran didesain dengan mengendalikan emosi pemenuhan kebutuhan gerak dasar

b. pembelajaran didesain sebagai upaya pemenuhan kebutuhan gerak dasar peserta didik

c. mendesain pembelajaran dalam bentu permainan sebagai penyaluran hasrat untuk bergerak

d. mendesain pembelajaran melalui aktivitas jasmani agar kebutuhan gerak peserta didik terpenuhi

e. mendesain pembelajaran melalui pengenalan lingkungan agar terpenuhi kebutuhan gerak

COMMENTS

Nama

2018 FIFA WORLD CUP RUSSIA,1,Administrasi,2,Agama,2,analitik,1,Analogi,1,Antomin,1,aplle,1,arti hidup,3,Article,2,Artis,1,Bencana,3,Berita,5,Bhs. Indonesia,1,British Propolis,1,Buah,1,Budaya,1,Buku,1,cerita bahasa Inggris,3,comic,2,Covid-19,4,CPNS,2,Dapodik,1,Destinasi,2,Dunia pendidikan,17,edukasi,3,Ekskul,1,english,4,english story,3,facts,1,Fakta,6,Film,2,Folktale,3,Food,3,Football,4,Foto,1,Game Online,1,Guru,2,Health,5,Health and Fitness,1,Hewan,1,Historis,3,Hobi,4,Hotnews,8,Ice Breaking,3,Indonesia,11,IndonesiaKu,7,info,4,Info Pendidikan,7,Infrastructure,2,IPA,9,IPS,2,Islam,6,Jawa,1,Kelas 3,2,Kelas 4,11,Kelas 5,1,Kemampuan Vervbal,3,Kesahatan,2,Kesehatan,2,Kisah Hebat,1,Kisah Teladan,1,Kompetensi Teknis,1,Kue,1,kurikulum,2,Kurikulum 2013,1,Latihan Soal,2,Lifestyle,1,Live,1,Matematika,5,Materi,14,Metal Health,1,modernization,1,Money,1,Movie,2,Negara,1,New,30,New Article,148,News,10,panduan,1,Papua,3,Parenting,1,Pariwisata,2,passenger ports,1,pedagogik,3,Pelabuhan Penumpang,1,Pembelajaran,16,penalarana logis,1,Perangkat,1,Pkn,1,PPPK,42,Pramuka,2,Psikologi,4,Psychology,1,puasa,6,Ramadhan,13,Ramdhan,5,rangkuman,1,renungan hati,2,Resep Makanan,2,Riviu Bhs. Indoneisa,4,Riviu IPA,4,Riviu IPS,4,Riviu MTK,5,Riviu Pedagogi,7,Riviu PJOK SD,7,Riviu PPKn,5,Riviu PPPK,36,Sains,5,Sci-Tech,3,Science,1,Sejarah,5,semester 2,1,silogisme,1,Sinonim,1,Skolastik,4,South East Asia,1,SPORT,8,story,3,Study English,1,syawal,1,technology,1,TED,1,Teknologi,4,Tekpram,1,tema 5,1,Tema 6,1,Tips & Trick,29,Tokoh,4,Usaha,1,Zakat,1,
ltr
item
SyamSun: Kunci Jawaban Riviu PJOK SD (Pembelajaran 1) : Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
Kunci Jawaban Riviu PJOK SD (Pembelajaran 1) : Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhw9ONQzZ00H2Gx8v8SPBlKNvZCSxDSQ-fDFicTnl7XlT6abjsBPTtQzbt289gPITiPEa9AnTA92XiNI6VQqAh22AymFwx_bh7pAQHKrew0-m5u8v47ZH2GK260ZR1fIhmJ25nSoVSlZ8/w640-h230/PJOK-SD.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhw9ONQzZ00H2Gx8v8SPBlKNvZCSxDSQ-fDFicTnl7XlT6abjsBPTtQzbt289gPITiPEa9AnTA92XiNI6VQqAh22AymFwx_bh7pAQHKrew0-m5u8v47ZH2GK260ZR1fIhmJ25nSoVSlZ8/s72-w640-c-h230/PJOK-SD.jpg
SyamSun
https://www.syamsun.com/2021/03/kunci-jawaban-riviu-pjok-sd.html
https://www.syamsun.com/
https://www.syamsun.com/
https://www.syamsun.com/2021/03/kunci-jawaban-riviu-pjok-sd.html
true
2602957277180905419
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content