Breaking News

Mengenal Olahraga Panahan


Panahan adalah olahraga yang menuntut berbagai keterampilan mulai dari tangan yang mantap, bahu yang kuat, otot yang fleksibel, mata yang tajam, dan disposisi yang dingin. Panahan memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan kebugaran, serta menjadi olahraga sosial yang menyenangkan.

Mengenal Olahraga Panahan; Olahraga yang menuntut berbagai keterampilanPerkembangan teknologi membuat peralatan panahan berubah dari yg sederhana menjadi alat panahan yg moderen, tetapi olahraga pada dasarnya tetap tidak berubah. Busur modern terbuat dari kombinasi kayu, dilapisi dengan serat karbon, fiberglass atau keramik. Panah terdiri dari poros karbon atau aluminium dengan kepala baja, dan dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan sekitar 149mph (240kph.)

Jenis-jenis memanah

Saat ini, memanah diklasifikasikan menjadi dua  yaitu target dan lapangan. Panahan target mengharuskan pemanah untuk menembakkan jumlah anak panah tertentu pada target yang telah menetapkan nilai, misalnya bullseye menjadi 10 poin.

Panahan lapangan mencakup rentang target lapangan terbuka di mana pemanah menembakkan panah berbeda pada target yang berbeda atau jarak yang berbeda di sekitar area.  Ini mensimulasikan jenis penembakan yang dialami saat berburu.

Sasaran Panahan adalah fitur di Olimpiade untuk beberapa kali 1900-1920, tetapi tidak muncul sampai Munich pada tahun 1972 dan tetap menjadi perlengkapan sejak itu. Pemanah individu, atau pemanah dalam tim, bersaing dalam pertandingan head-to-head dalam eliminasi tunggal. Pemenang semi final memperebutkan medali emas dan perak di final, dan pemenang semi final mendapatkan  perunggu.

Para pemanah menembak target 70 m (229,65 kaki) jauhnya. Targetnya adalah diameter 1.22 m (4 kaki) dan ditandai dengan 10 cincin konsentris. Cincin tengah, atau bullseye, berukuran diameter 12,2 cm (4,8 inci). Cincin luar dihitung sebagai satu, dan cincin di antaranya naik nilainya satu titik saat mendekati titik pusat 10-poin.

Manfaat Panahan bagi kesehatan dan kebugaran.
Panahan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan dan kebugaran, termasuk:
    Manfaat Panahan bagi kesehatan dan kebugaran.
  • Mengembangkan otot lengan dan kekuatan tubuh bagian atas.
  • Meningkatkan keterampilan koordinasi tangan-mata.
  • Meningkatkan kekuatan mental dan konsentrasi.
  • Mengasah kelenturan tangan dan jari.
  • Membebaskan pikiran dari gangguan sehari-hari, dengan memfokuskannya.


Jika Anda ingin mencoba memanah tetapi tidak ingin segera bergabung dengan klub, ada banyak hari pengalaman atau akhir pekan yang memungkinkan Anda untuk mencoba memanah di bawah pengawasan profesional ahli dalam jangka pendek.

Jika Anda memutuskan untuk bergabung dengan klub, Anda tidak perlu memiliki pengalaman sebelumnya dalam memanah dan untuk pemula dalam olahraga, banyak klub juga menawarkan opsi untuk menyewa peralatan sebelum Anda berkomitmen untuk berinvestasi dalam peralatan Anda sendiri sehingga ini merupakan cara yang hebat untuk memulai tanpa pengeluaran awal yang besar.

Tidak ada komentar