Jumat, 19 April 2019

Raja Ampat, Papua, Indonesia

Raja Ampat, Papua, Indonesia

Terletak di ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung di Papua, pulau paling timur di Kepulauan Indonesia, Raja Ampat atau secara harfiah berarti 'The Four Kings' adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, teluk dan beting yang mengelilingi empat pulau utama di Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Nama Raja Ampat sendiri adalah salah satu dari empat pulau utama, dengan empat di antaranya menetas, dengan empat di antaranya, sementara tiga lainnya adalah seorang wanita, hantu, dan batu.


Raja Ampat, Papua, Indonesia

Terletak di ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung di Papua, pulau paling timur di Kepulauan Indonesia, Raja Ampat atau secara harfiah berarti 'The Four Kings' adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, gundukan pasir, dan beting yang mengelilingi empat pulau utama di Indonesia. Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Nama Raja Ampat sendiri diyakini berasal dari legenda di mana seorang wanita menemukan tujuh telur, dengan empat di antaranya menetas dan menjadi raja dari empat pulau utama, sementara tiga lainnya menjadi seorang wanita, hantu, dan batu.

Raja Ampat, Papua, Indonesia

Untuk penggemar bawah air, Raja Ampat pasti menawarkan beberapa pengalaman pamungkas dunia. Wilayah di dalam pulau-pulau Four Kings sangat besar, meliputi 9,8 juta hektar tanah dan laut, rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Ini membuatnya menjadi perpustakaan hidup yang paling beragam untuk terumbu karang dan biota bawah laut dunia.

Raja Ampat, Papua, Indonesia

Menurut laporan yang dikembangkan oleh The Nature Conservancy dan Conservation International, sekitar 75% spesies dunia hidup di sini! Sejumlah besar dan keanekaragaman kehidupan laut Raja Ampat dan sistem terumbu karangnya yang masih asli merupakan mimpi scuba yang menjadi kenyataan - dan juga merupakan situs yang fantastis untuk para perenang snorkel.

Raja Ampat, Papua, Indonesia

Ketika Anda memulai penyelaman Anda di sini, frasa "Perhatian pada detail" memiliki arti baru ketika kuda laut pigmy berenang di sekitar jari-jari Anda. Sinar Manta dan wobbegong akan meluncur tepat di samping Anda. Sekolah ikan Tuna, trevallies raksasa, kakap, batfish, dan bahkan barakuda ada di sana untuk melengkapi "daftar pertemuan" bawah air Anda. Belum lagi asisten ramah dugong, dan seorang rekan yang sibuk, kura-kura. Turun di dasar laut, kerang laut raksasa dengan panjang lebih dari satu meter benar-benar menawarkan sensasi pertemuan dekat.

Jelas, ada banyak tempat menyelam dan snorkeling untuk dipilih di perairan luas ini. Di antaranya adalah di Kabui Passage (lorong yang sangat sempit antara Waigeo dan Pulau Gam dilintasi oleh penjelajah Inggris terkenal, Alfred Russell Wallace pada tahun 1860), di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Sawandarek, Yenbuba, Dinding Friwen, dan banyak lagi.

Raja Ampat, Papua, Indonesia

Sementara keindahan bawah lautnya sangat luar biasa, pemandangan di atas permukaan sama-sama menakjubkan. Seolah-olah itu dirancang dengan cermat dan ditempatkan dengan estetika seperti itu, pulau-pulau batu di tengah air biru jernih dan langit biru cerah di Piaynemo menawarkan beberapa pemandangan paling spektakuler di muka bumi. Melihat ke bawah dari atas bukit, sepertinya Ibu Alam melukis karya seninya yang terbaik dan menawarkan sekilas surga. Lebih jauh di Pulau Wayag, Anda juga akan menemukan formasi pulau batu yang menakjubkan dalam skala yang lebih besar.

Raja Ampat, Papua, Indonesia

Satwa liar yang luar biasa di Raja Ampat tidak berhenti di bawah air. Di tengah-tengah banyak hutan lebat di dalam pulau-pulau, orang masih dapat menemukan berbagai spesies burung termasuk Cendrawasih yang spektakuler atau burung Cendrawasih. Ada juga spesies endus kuskus, kuskus Waigeou atau kuskus Waigeou (Spilocuscus papuensis) yang merupakan spesies berkantung dalam famili Phalangeridae.

Raja Ampat, Papua, Indonesia

Selain wisata alamnya yang tak ada habisnya, Raja Ampat juga menawarkan keramahan khas Papua. Di Desa Wisata Arborek, Anda dapat tinggal di sejumlah homestay dan berbaur dengan penduduk setempat sambil mengamati kehidupan sehari-hari dan tradisi unik mereka. Ketika sekelompok wisatawan tiba, mereka biasanya melakukan tarian selamat datang tradisional di dermaga dan menghibur para 'tamu' dengan berbagai lagu rakyat Papua.

Raja Ampat, Papua, Indonesia

Dengan semua keajaiban spektakulernya di daratan, di pantai, dan di luar perairan, dan suasana tenteram yang jarang Anda temukan di tempat lain di bumi, Raja Ampat benar-benar menawarkan pengalaman terbaik yang hanya dapat diimpikan.

Jadi, apakah Anda seorang penyelam yang rajin, snorkeler sesekali, atau hanya seseorang yang menghargai keindahan dalam segala hal, Raja Ampat menyambut Anda ke Surga di Bumi.

Source: indonesia.travel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar