Breaking News

10 Manfaat Berjalan Bagi kesehatan

Terlepas dari tingkat kebugaran atau usia, ada banyak yang bisa diperoleh dari berjalan. Inilah 10 manfaat berjalan bagi kesehatan yang bahkan mungkin tidak Anda ketahui.
Manfaat Berjalan Bagi kesehatan


Berjalan secara teratur, selain sebagai latihan  kebugaran yang menyenangkan dan gratis, juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan utama. Inilah manfaat berjalan bagi Anda:

1. Perbaiki Postur Anda

Dengan sedikit memperhatikan postur saat berjalan, Anda dapat membantu mengencangkan perut dan mengurangi ukuran pinggang. Fokus untuk meluruskan tulang belakang Anda, untuk menciptakan ruang di antara telinga dan bahu, rilekskan bahu dan tarik perut. Ini membantu bahu Anda berputar secara alami dan melatih otot perut. Dan mengayunkan lengan (ke belakang dan ke depan saat berjalan) lebih cepat. Tidak hanya meningkatkan kecepatan, tetapi juga nada lengan, bahu dan punggung atas. 


2.  Memperkuat Struktur Tulang dan Otot

Agar sendi bekerja dengan baik, Anda harus tetap bergerak. Berjalan teratur memberikan latihan sendi lutut, meningkatkan kekuatan otot Anda dan dapat membuat tulang Anda kuat, memberikan kekuatan untuk betis, paha depan, paha belakang dan mengangkat glutes Anda. Berjalan tidak hanya merangsang dan memperkuat tulang, meningkatkan kepadatannya dan membantu menjaga persendian yang sehat, tetapi juga dapat menangkis kondisi seperti radang sendi dan membantu mencegah atau mengurangi nyeri punggung.


3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk mulai menurunkan berat badan, Anda perlu membakar sekitar 600 kalori sehari lebih banyak daripada makan dan minum, dan untuk itu, Anda mungkin harus meningkatkan kecepatan. Anda dapat membakar kalori dua kali lebih banyak dengan berjalan dengan kecepatan 4 mil per jam (6,5 kilometer per jam). Berjalan juga meningkatkan massa otot. Singkatnya, semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin cepat metabolisme pada tubuh, sehingga semakin banyak kalori yang Anda bakar.


4. Kurangi Komplikasi Jantung

Dengab berjalan dapat memompa darah ke seluruh sistem tubuh  dan meningkatkan detak jantung Anda. Dan juga memberikan latihan yang sempurna untuk jantung dan sistem sirkulasi tubuh. Bahkan jalan-jalan biasa  dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Dengan menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL, kolesterol jahat) dan meningkatkan level alternatif high-density-nya (HDL, kolesterol baik), Anda dapat mengendalikan tekanan darah Anda. Dan dengan membantu mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi, Anda dapat mengurangi risiko stroke.


5. Melawan Penyakit

Manfaat Berjalan Bagi kesehatanSeperti halnya penyakit jantung, berjalan secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua, asma, dan beberapa jenis kanker. Studi menunjukkan olahraga teratur seperti berjalan dapat mengurangi risiko diabetes hingga 60 persen. Faktanya, mereka yang aktif memiliki resiko lebih rendah, sekitar 20 persen dari orang yang terkena kanker usus besar, payudara dan rahim.


6. Pertahankan The Grey Matter

Menjadi aktif telah terbukti memiliki efek positif pada cara bekerja otak kita. Perlu diingat bahwa olahraga teratur mengurangi risiko hingga hingga 40 persen. Terlebih lagi, orang tua yang berjalan enam mil (9,65 kilometer) atau lebih per minggu dapat menghindari penyusutan otak, menjaga memori lebih lama.


7. Vitamin D

Berkeliaran di siang hari dapat meningkatkan kadar vitamin D alami, nutrisi yang sulit didapat dari makanan, tetapi kita bisa mensintesisnya dari paparan sinar matahari. Dan vitamin D adalah nutrisi yang memainkan peran besar dalam segala hal, mulai dari kesehatan tulang hingga kekebalan tubuh.


8. Tingkatkan Tingkat Energi

Jalan cepat memberi kita sumber energi alami terbaik. Ini meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan pasokan oksigen ke setiap sel dalam tubuh, membantu Anda merasa lebih waspada. Berjalan teratur juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Ini juga berfungsi untuk menghidupkan kembali sendi yang kaku dan meredakan ketegangan otot. Kita semua terkadang merasa lesu, tetapi Anda dapat membantu memutus siklus itu dengan berjalan kaki.


9. Dapatkan Aktif dan Bersosialisasi

Meskipun Anda mungkin ingin menetapkan tujuan dan rute pribadi Anda sendiri, berjalan juga bisa menjadi acara sosial, baik melalui kelompok berjalan atau melalui melangkah keluar dengan orang yang berpikiran sama. Ini juga dapat membantu melawan perasaan terisolasi dan kesepian. Sebuah survei oleh badan amal Mind menemukan bahwa 83 persen orang dengan masalah kesehatan mental berusaha berolahraga untuk membantu mengangkat suasana hati mereka.


10. Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Berjalan membantu Anda menjadi lebih bugar dan berarti tubuh Anda menjadi lebih baik dalam menggunakan oksigen, sehingga Anda merasa lebih mudah untuk lebih aktif dan lebih cepat lelah. Semakin aktif melepaskan hormon perasaan-baik yang dikenal sebagai endorfin ke dalam aliran darah, dan mendapatkan hormon alami yang tinggi mengurangi stres dan kecemasan dan pada akhirnya membantu membangun kepercayaan diri. Itu pasti hal yang baik!

Tidak ada komentar