Penemu Bluetooth: Dr. Jaap Haartsen

Teknologi bluetooth adalah salah satu dari fitur teknologi yang memudahkan pemindahan file melalui sebuah perangkat. Perkembangan teknologi...

Teknologi bluetooth adalah salah satu dari fitur teknologi yang memudahkan pemindahan file melalui sebuah perangkat. Perkembangan teknologi yang mengesankan saat ini membuat Anda sangat mudah untuk mengakses fitur teknologi ini dari berbagai perangkat seperti smartphone, smart tv, hingga notebook.
Dr. Jaap Haartsen
Dr. Jaap Haartsen
Namun, Anda harus tahu bahwa Penemu Bluetooth yaitu Dr. Jaap Haartsen pada tahun 1990-an. Ia merupakan insinyur dari perusahaan Ericsson.
Penemuannya tersebut menjadikan Haarsten dikenal sebagai ‘Father of Bluetooth‘. Teknologi Bluetooth merupakan fitur yang memiliki energi rendah yang terintegrasi dengan pengaturan nirkabel jarak pendek.
Sehingga memudahkan proses pemindahan berbagai file dari perangkat satu dengan yang lainnya pada jarak tertentu. Hingga saat ini, jumlah perangkat Bluetooth yang telah mengirimkan file sudah mencapai 2 milyar lebih.
Sejarah Penemuan Bluetooth
Inovasi penemuan bluetooth yang diciptakan oleh Dr. Jaap Haartsen dimulai dari tujuan dirinya untuk menghubungkan banyak perangkat tanpa harus melalui kabel. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan efisiensi fungsi dan penempatan. Selain itu, pengaturan teknologi tanpa kabel ini juga memudahkan pengguna untuk mobilitas yang diinginkan.
Pria yang memiliki nama lengkap Jacobus Cornelis Haartsen menganggap bahwa Bluetooth tidak hanya sebagai sebuah teknologi yang memudahkan integrasi fungsi dari berbagai perangkat tanpa kabel, namun juga bisa menjadi sebuah merk teknologi yang akan digunakan oleh banyak orang.
Sehingga hal ini membuat dirinya terus mengembangkan inovasi pada Bluetooth dengan penyesuaian terhadap fungsi penting dari banyak perangkat. Dengan berkembangnya teknologi Bluetooth terasa sangat memudahkan dalam segala aktivitas pemindahan file dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Bluetooth menggunakan jaringan 2.45 GHz sebagai transmisi datanya.
Semakin berkembangnya teknologi, Bluetooth juga terus berkembang dengan inovasinya demi menyesuaikan dan menambah rasa nyaman terhadap para penggunanya.
Inovasi penting untuk Bluetooth
Fungsi penting dari penemuan bluetooth seperti ini tidak hanya diterapkan pada berbagai perangkat teknologi yang digunakan banyak orang awam. Namun, penemuan dari Haartsen ini sangat berfungsi untuk pemindahan data dari perangkat pemantau medis.
bluetooth logo
Logo Bluetooth
Perangkat seperti ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan data penting yang berkaitan dengan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Awal mulanya, teknologi Bluetooth hanya berfungsi sebagai penghubung berbagai perangkat yang memiliki fitur sama.
Inovasi ini merupakan titik awal dari penemuan Jaap Haartsen untuk Bluetooth versi 1.0. Namun, hingga saat ini, inovasi yang terus dilakukannya bersama dengan tim membuat kita bisa menikmati hingga versi Bluetooth 4.2.
Penemuan bluetooth lainnya yang berhasil dilakukan Haartsen tidak lepas dari berbagai pengalaman dirinya di dunia industri telekomunikasi. Pengalaman penting yang dia dapatkan semasa bekerja di Philips dan Siemens membuat dirinya berpikir tentang teknologi yang memudahkan seluruh pekerjaan kita.
Bahkan, dirinya juga terus belajar hingga mendapatkan gelar penting PhD dari TU Delft. Proses pembelajaran dan pengalaman yang dimiliki Haartsen akan semakin memudahkan dirinya untuk terus mendapatkan fungsi penting dari teknologi terbaru nirkabel.
Teknologi seperti ini bisa Anda temui dari banyak perangkat. Perkembangan jarak jangkauan nirkabel dari Bluetooth ini terus menjadi perhatian serius bagi Haartsen. Bukan tidak mungkin Bluetooth 5 akan tampil di publik dengan jangkauan yang sangat luas.
Mengapa dinamakan Bluetooth?
bluetooth-devicesBluetooth jika diartikan berarti ‘Gigi Biru’. Kata Bluetooth diambil dari nama seorang raja bernama Harald Bluetooth. Ia merupakan seorang raja Swedia yang pernah hidup di tahun 958 sampai 986. Ia dikenal berhasil menyatukan suku-suku yang berada di Swedia dan Norwegia yang sebelumnya sering terlibat dalam peperangan.
Teknologi yang ditemukan oleh Haartsen mampu menyatukan berbagai macam perangkat teknologi seperti komputer ataupun handphone. Adanya persamaan ini kemudian menjadikan nama Harald Bluetooth diabadikan sebagai nama teknologi pertukaran informasi atau data yang dikenal dengan Bluetooth. Selain itu wilayah penemuan Bluetooth berasal dari wilayah skandinavia yang merupakan wilayah kekuasaan Raja Harald Bluetooth.
Berikut diatas ulasan singkat mengenai Sejarah Penemuan Bluetooth oleh Dr. Jaap Haartsen semoga dapat bermanfaat serta menambah wawasan bagi kita semua.

COMMENTS

Nama

2018 FIFA WORLD CUP RUSSIA,1,Administrasi,2,Agama,2,analitik,1,Analogi,1,Antomin,1,aplle,1,arti hidup,3,Article,2,Artis,1,Bencana,3,Berita,5,Bhs. Indonesia,1,British Propolis,1,Buah,1,Budaya,1,Buku,1,cerita bahasa Inggris,3,comic,2,Covid-19,4,CPNS,2,Dapodik,1,Destinasi,2,Dunia pendidikan,17,edukasi,3,Ekskul,1,english,4,english story,3,facts,1,Fakta,6,Film,2,Folktale,3,Food,3,Football,4,Foto,1,Game Online,1,Guru,2,Health,5,Health and Fitness,1,Hewan,1,Historis,3,Hobi,4,Hotnews,8,Ice Breaking,3,Indonesia,11,IndonesiaKu,7,info,4,Info Pendidikan,7,Infrastructure,2,IPA,9,IPS,2,Islam,6,Jawa,1,Kelas 3,2,Kelas 4,11,Kelas 5,1,Kemampuan Vervbal,3,Kesahatan,2,Kesehatan,2,Kisah Hebat,1,Kisah Teladan,1,Kompetensi Teknis,1,Kue,1,kurikulum,2,Kurikulum 2013,1,Latihan Soal,2,Lifestyle,1,Live,1,Matematika,5,Materi,14,Metal Health,1,modernization,1,Money,1,Movie,2,Negara,1,New,30,New Article,148,News,10,panduan,1,Papua,3,Parenting,1,Pariwisata,2,passenger ports,1,pedagogik,3,Pelabuhan Penumpang,1,Pembelajaran,16,penalarana logis,1,Perangkat,1,Pkn,1,PPPK,42,Pramuka,2,Psikologi,4,Psychology,1,puasa,6,Ramadhan,13,Ramdhan,5,rangkuman,1,renungan hati,2,Resep Makanan,2,Riviu Bhs. Indoneisa,4,Riviu IPA,4,Riviu IPS,4,Riviu MTK,5,Riviu Pedagogi,7,Riviu PJOK SD,7,Riviu PPKn,5,Riviu PPPK,36,Sains,5,Sci-Tech,3,Science,1,Sejarah,5,semester 2,1,silogisme,1,Sinonim,1,Skolastik,4,South East Asia,1,SPORT,8,story,3,Study English,1,syawal,1,technology,1,TED,1,Teknologi,4,Tekpram,1,tema 5,1,Tema 6,1,Tips & Trick,29,Tokoh,4,Usaha,1,Zakat,1,
ltr
item
SyamSun: Penemu Bluetooth: Dr. Jaap Haartsen
Penemu Bluetooth: Dr. Jaap Haartsen
http://www.penemu.co/wp-content/uploads/2016/11/haartsen-portrait-image-300x287.jpg
SyamSun
https://www.syamsun.com/2017/05/penemu-bluetooth-dr-jaap-haartsen.html
https://www.syamsun.com/
https://www.syamsun.com/
https://www.syamsun.com/2017/05/penemu-bluetooth-dr-jaap-haartsen.html
true
2602957277180905419
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content