RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 | Semester 2

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 | Semester 2


PPKN

Indonesia memiliki banyak suku bangsa. Akan tetapi kita tetaplah satu bangsa Indonesia. Kita memiliki beragam budaya. Kita juga memiliki beragam makanan dan minuman. Kita harus mensyukuri karunia Tuhan ini.

Perbedaan adalah karunia Tuhan. Perbedaan menunjukkan bahwa kita bangsa yang kaya. Perbedaan hendaknya membuat kita bangga sebangai bangsa Indonesia. Kita tetap harus saling menghormati dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Sikap bersatu dalam keberagaman itu sangat penting, karena bermanfaat untuk kepentingan bersama.

Sikap bersatu merupakan contoh pengamalan Pancasila yaitu sila ke-3. Menjalin persahabatan merupakan salah satu contoh sikap bersatu. Menjalin persahabatan itu bisa dilakukan dengan siapa saja, walaupun berbeda sukunya, warna kulitnya, atau berbeda agamanya. Indonesia juga terdiri dari beragam budaya. Kita harus mencintai budaya nusantara.

Contoh sikap bersatu dalam keberagaman yaitu :
1. Menolong sesama tanpa pilih-pilih suku bangsa, agama atau warna kulit
2. Berbagi tugas untuk merapikan ruang kelas
3. Bekerja sama dalam kerja bakti di desa

BAHASA INDONESIA

Cuaca adalah keadaan udara pada tempat dan waktu tertentu. Indonesia memiliki 4 jenis cuaca, yaitu berawan, mendung, hujan, dan cerah.

Cuaca dapat berubah-ubah. Saat cuaca cerah, udara bersinar terang, udara terasa panas. Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.

Cuaca mendung pertanda akan turun hujan, langit berwarna kelabu. Jika hujan, udara terasa dingin, titik-titik air mulai turun menjadi hujan.

Perubahan cuaca dapat mempengaruhi kegiatan manusia. Misalnya :
  • Saat cuaca cerah, petani mencangkul di sawahnya. Saat cuaca hujan, petani memilih untuk tidak pergi ke sawah
  • Saat cuaca berawan, anak-anak senang bermain layangan di lapangan. Saat cuaca panas atau hujan, anak-anak lebih suka bermain di rumah saja.
Perubahan cuaca yang sangat cepat disebut cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit, seperti : Flu, Mimisan, Sesak Napas.

Cara-cara agar terhindar dari penyakit akibat cuaca ekstrem :
  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Menjaga kontak langsung dengan matahari
  • Gunakan masker
Badan yang bertugas mengamati keadaan cuaca di Indonesia adalah BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). BMKG ini berkantor di Jakarta.



Proses terjadinya hujan :

Proses terjadinya hujan :
Air laut, sungai, dan danau menguap karena terkena panas matahari. Uap air berubah menjadi awan. Kemudian awan berkumpul menjadi mendung. Lamakelamaan, mendung turun menjadi hujan.

Indonesia adalah negara yang berada di bawah garis khatulistiwa. Garis Khatulistiwa adalah garis yang mengelilingi bumi dan terletak di tengah-tengan bumi. Iklim di Indonesia disebut iklim tropis. Iklim menyebabkan adanya musim.

Ada 2 musim di Indonesia, yaitu Musim Hujan dan Musim Kemarau. Jika cuaca cerah terus-menerus, itu tandanya musim kemarau. Jika cuaca mendung dan hujan sering terjadi, itu tandanya musim hujan. Jika cuaca cerah dan hujan silih berganti, itu tandanya sedang memasuki masa peralihan atau pancaroba.

Di Indonesia, musim hujan terjadi antara bulan (Oktober – Maret). Sedangkan musim memarau terjadi antara bulan (April – September).


RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 Semester 2

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 Semester 2

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 Semester 2

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 Semester 2

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 Semester 2

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 Semester 2

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 Semester 2

RANGKUMAN MATERI KELAS 3 TEMA 5 Semester 2


0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama