Breaking News

Telinga Dan Kegunaannya

Telinga Dan Kegunaannya
Telinga merupakan indra pendengar yang peka terhadap rangsangan bunyi.

A.     Bagian – bagian telinga

Telinga terdiri atas 3 bagian, yaitu telinga luar, tengah, dan dalam.

1.     Telinga Luar

Telinga luar terdiri atas daun telinga dan saluran pendengaran. Daun telinga terbuat dari tulang rawan dan kulit yang berguna mengarahkan suara memasuki saluran pendengaran.

2.     Telinga Tengah

Telinga tengah terdiri atas ruangan yang di dalamnya terdapat gendang telinga, tulang pendengaran, dan saluran Eustachius. Gendang telinga merupakan  bagian telinga yang paling peka terhadap rangsangan bunyi. Saluran eustachius merupakan saluran yang menghubungkan telinga dan rongga mulut.

3.     Telinga Dalam

Telinga dalam terdiri atas 3 saluran setengah lingkaran dan koklea. Saluran setengah lingkaran juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh.
 

A.     Cara Kerja Telinga

Daun telinga berfungsi mengumpulkan dan memantulkan bunyi ke dalam lubang telinga. Ketika ada bunyi yang masuk ke dalam saluran telinga, maka gendang telinga akan bergetar. Getaran tersebut kemudian disalurkan ke rumah siput melalui tulang – tulang pendengaran secara berurutan yaitu tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi.

Getaran cairan di dalam rumah siput selanjutnya merangsang ujung saraf pendengaran di dalamnya. Rangsang tersebut diteruskan ke otak oleh saraf – saraf pendengaran.

B.     Penyakit Dan Kelainan Pada Telinga

Contoh penyakit telinga antara lain infeksi pada bagian dalam telinga dan tuli mendadak. Infeksi bakteri atau jamur pada telinga dalam dapat menyebabkan peradangan. Gejalanya adalah keluar cairan kuning berbau busuk dari dalam telinga. Jika penyakit dibiarkan terlalu lama, dapat menyebabkan tuli. Penyakit tuli mendadak disebabkan oleh virus. Virus tersebut akan menyumbat aliran darah ke telinga.

Penyakit tuli juga dapat dialami seseorang sejak lahir. Penyakit tuli yang demikian disebut penyakit tuli bawaan. Selain karena penyakit, fungsi telinga juga dapat terganggu karena kerusakan dan saraf pendengaran serta penyumbatan lubang telinga.

C.     Cara Merawat Telinga

  1. Mengusahakan telinga selalu dalam kondisi kering.
  2. Membersihkan telinga luar secara teratur dengan menggunakan alat pembersih yang halus dan bebas kuman.
  3. Untuk membersihkan kotoran di dalam telinga, kamu dapat menggunakan minyak bayi yang diteteskan ke dalam lubang telinga. Kotoran yang padat tersebut akan menjadi lunak sehingga mudah untuk keluar sendiri. Dan jangan membersihkan telinga menggunakan kapas pembersih (cotton bud). Kapas tersebut dapat mendorong kotoran padat lebih masuk ke dalam sehingga pendengaran menjadi terganggu.
  4. Menghindarkan telinga terhadap benturan dan suara yang terlalu keras. Misalnya, hindari kebiasaan memakai earphone dengan volume yang keras.
Telinga Dan Kegunaannya

1.

Tidak ada komentar