Breaking News

Mata dan Kegunaannya

Bagian – bagian bola mata:

Mata Dan Kegunaannya
 

1. Sklera

Sklera merupakan (bagian putih mata) merupakan lapisan terluar mata. Sklera berfungsi melindungi bagian halus di dalamnya.

2. Kornea

Kornea terdapat pada bagian depan sklera. Kornea berfungsi untuk meneruskan cahaya yang masuk ke mata.

3. Iris (selaput pelangi)

Iris ada di bagian tengah bola mata di belakang kornea. Bagian tersebut berfungsi untuk memberi warna mata, yaitu hitam, coklat, dan biru.

4. Pupil (anak mata)

Pupil berada pada bagian tengah iris. Pupil merupakan celah yang berguna untuk mengatur tingkat cahaya yang masuk ke mata.

5. Lensa

Lensa mata terletak di belakang pupil. Lensa mata berfungsi untuk memusatkan atau memfokuskan bayangan benda agar jatuh tepat pada retina. Untuk itu, lensa mata dapat memipih dan mencembung untuk memfokuskan cahaya. Kemampuan memipih dan mencembung lensa mata disebut daya akomodasi.

6. Retina (selaput jala)

Retina berupa selaput yang mengandung ujung saraf penerima rangsang cahaya. Bagian retina yang paling peka terhadap cahaya disebut bintik kuning.

7. Saraf Mata

Saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsangan cahaya yang diterima retina menuju otak.

 

Penyakit Dan Kelainan Pada Mata:

Penyakit dab kelainan pada mata dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti genetis (turunan), faktor gizi, serta faktor usia. Beberapa penyakit mata dan kelainan pada mata antara lain sebagai berikut.

1. Trakom

Trakom merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh virus. Akibatnya, mata tampak memerah, ber air, dan membengakak.

2. Katarak

Pada penderita penyakit katarak, lensa mata dan cairan transparan disekitarnya mengalami pengaburan (tampak tertutup lapisan warna putih) yang menghalangi jalan masuknya cahaya.

3. Rabun Ayam (rabun senja)

Rabun ayam adalah penyakit mata yang disebabkan tubuh kekurangan vitamin A. mata penderita tidak akan dapat melihat dengan jelas pada tempat yang kurang terang.

4. Miopi (rabun jauh)

Miopi adalah kelainan mata yang tidak mampu melihat benda dengan jelas dari jarak jauh. Penderita miopi dapat dibantu dengan menggunkan kamacata berlensa cekung.

5. Hipermetropi (rabun dekat)

Hipermetropi adalah kelainan mata yang tidak dapat melihat benda dengan jelas dari jarak dekat. Penderita hipermetropi dapat dibantu dengan memakai kacamata ber lensa cekung.

6. Presbiopi (mata tua)

Presbiopi adalah kelainan pada mata yang tidak mampu melihat dengan jelas benda pada jarak jauh dan jarak dekat. Kelainan tersebut biasa diderita oleh orang yang lanjut usia.

7. Astigmatis

Astigmatis adalah kelainan mata yang tidak dapat membedakan garis – garis tegak lurus. Dengan garis – garis mendatar secara bersamaan. Penderita astigmatis dapat dibantu dengan kacamata berlensa silinder.

8. Buta Warna

Buta warna adalah kelainan mata yang tidak mampu membedakan warna – warna tetrtentu. Penderita buta warna total tidak dapat membedakan berbagai jenis warna, kecuali warna hitam dan putih.

 

Cara Merawat Mata

Agar dapat selalu berfungsi dengan baik, kesehatan mata harus dijaga. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan mata.

  1. Biasakan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, misalnya wortel, ikan, minyak ikan, sayur – sayuran hijau, dan buah – buahan.
  2. Jangan menatap langsung sumber cahaya yang terlalu terang, seoerti sinar matahari.
  3. Membiasakan membaca buku pada jarak kurang lebih 30cm ditempat yang terang.
  4. Jangan membaca atau menonton tv sambil tiduran.
  5. Menghindari menonton tv terlalu dekat dan terlalu lama.


Tidak ada komentar