Breaking News

3 Manfaat Joging yang Belum Kamu Ketahui

Manfaat Joging

Bagi siapa pun yang sedang mempertimbangkan untuk menurunkan berat badan, jogging adalah salah satu kegiatan olahraga terbaik yang dapat Anda ikuti. 

Meskipun sudah diketahui bahwa jogging reguler dapat membantu individu membakar kalori, ada manfaat tambahan yang akan berdampak positif pada individu fisik dan mental dengan baik. seiring berjalannya waktu. Selama Anda tetap berkomitmen dan jogging secara teratur, itu dapat secara dramatis meningkatkan gaya hidup Anda.

Pertimbangkan manfaat joging berikut dan berbagai cara yang dapat memberdayakan Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih sejahtera.

1. Memperpanjang Umur Anda

Penelitian adalah hal yang luar biasa, dan temuannya memungkinkan kita untuk menciptakan gaya hidup yang lebih sehat dan lebih produktif. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, misalnya, jogging hanya satu jam seminggu dapat menambah tahun untuk harapan hidup Anda. Dilakukan oleh ahli jantung Denmark Dr. Peter Schnohr, penelitian ini mengungkapkan bahwa jogging pada kecepatan lambat atau rata-rata dapat meningkatkan harapan hidup pada pria dan wanita dengan perkiraan 6 tahun. Aspek yang paling menarik dari penelitian ini adalah bahwa mendukung pernyataan bahwa latihan kardiovaskular yang lembut sangat efektif, yang berarti bahwa pemula dapat menikmati manfaat kesehatan dari jogging tanpa terlalu memaksakan diri.

2. Kesahatan Jantung dan Paru-Paru 

Meskipun sebelumnya telah dikatakan bahwa jogging membuat ketegangan yang besar pada jantung dan paru-paru, ini sebenarnya dapat memiliki dampak positif pada kesehatan fisik Anda. Rata-rata, tubuh manusia menggunakan oksigen 10 kali lebih banyak selama latihan ringan daripada saat duduk diam, sementara aktivitas fisik yang lembut juga menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Seiring waktu, ini memperkuat sistem kardiovaskular dan memungkinkan paru-paru dan jantung Anda bekerja lebih efisien. Sebagai konsekuensi dari ini, Anda dapat melakukan latihan yang lebih berat untuk maju dan mengembangkan tingkat kebugaran fisik yang tinggi.

3. Peningkatan Kinerja Mental

Meskipun cukup beralasan bahwa jogging dapat meningkatkan kapasitas fisik Anda dan memiliki banyak manfaat kesehatan, potensinya untuk meningkatkan kinerja mental Anda kurang dikenal. Kegiatan fisik yang serupa dan jogging benar-benar menyebabkan otak melepaskan endorfin, yang merupakan bahan kimia yang menciptakan rasa puas dan kesejahteraan positif. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan kebahagiaan jangka pendek Anda, tetapi joging biasa juga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri dan harga diri Anda. Bahkan ada penelitian untuk mendukung gagasan bahwa jogging dapat membantu mengurangi stres, yang sangat bagus untuk individu dengan pekerjaan yang menantang atau kehidupan di rumah yang sulit.

Meskipun tidak ada yang dapat membantah fakta bahwa jogging dapat membantu Anda menurunkan berat badan, lebih sedikit individu yang menyadari manfaat tambahannya. Bahkan, jogging dapat memiliki pengaruh positif pada berbagai aspek fisik dan mental Anda, dan ini dikenal untuk meningkatkan sistem kardiovaskular Anda dan kapasitasnya. Ketika Anda mempertimbangkan bahwa pelari jarak jauh elit sering kali bisa tiga kali lebih efisien dalam mengonsumsi oksigen daripada orang yang tidak aktif, misalnya, Anda mendapatkan gagasan tentang bagaimana jogging dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan fisik Anda. Cukup dengan membuat komitmen untuk joging secara teratur sambil mempertahankan kecepatan tetap dan konsisten, Anda dapat mengembangkan tingkat kebugaran yang jauh lebih besar dan meningkatkan pandangan hidup Anda secara keseluruhan.

Tidak ada komentar