Breaking News

Rangka Tubuh Manusia: Susunan Rangka

Tulang merupakan bagian tubuh yang keras. Tulang tersusun dari sel-sel hidup yang dikelilingi oleh mineral, terutama zat pembentuk tulang (kalsium dan fosfat) dan zat perekat yang lentur (kolagen).

Susunan Rangka
Coba tekan-tekan kepalamu dengan telapak tangan. Apakah kepalamu terasa keras? Kepalamu keras karena ada tulang yang membentuk kepala. Selain di kepala, tulang juga ditemukan pada bagian badan, tangan, dan kaki.

Tulang-tulang yang menyusun rangka dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu tulang keras dan tulang rawan. Tulang keras bersifat keras dan kaku, sedangkan tulang rawan tidak keras dan lebih elastis.

Bentuk tulang yang ada di kepala berbeda dengan yang ada di kaki atau di bagian tubuh yang lain. Bentuk tulang ada bermacam-macam, misalnya pipa, pipih, atau beruas-ruas pendek.

Ukuran tulang juga bervariasi, mulai yang berukuran besar hingga kecil ataupun yang berukuran panjang hingga pendek. Tulang yang bermacam-macam tersebut tersusun dengan rapi dan saling berhubungan membentuk rangka tubuh.

Perhatikanlah gambar susunan rangka berikut. Bandingkan dengan model atau tiruan rangka yang ada di sekolahmu.

Rangka manusia tersusun dari kurang lebih 206 tulang yang saling berhubungan. Rangka manusia dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak.
Rangka Manusia

  • Tengkorak (Rangka Kepala)

Rangka kepala yang dimiliki manusia disebut tengkorak. Tengkorak terbagi menjadi wajah (bagian muka) dan tempurung kepala (bagian belakang).

Tengkorak pada bayi belum sepenuhnya keras dan menyatu. Tampak pada bagian ubun-ubun kepala bayi masih ada bagian yang bergerak-gerak. Seiring pertambahan usia, tulang-tulang tengkoraknya akan menyatu. Tulang dahi, tulang pelipis, tulang rahang atas, dan tulang tengkorak belakang saling menyatu sehingga tidak dapat digerakkan. Bagian tulang tengkorak yang dapat digerak-gerakkan hanyalah tulang rahang bawah.

  • Rangka Badan

Rangka badan dibentuk oleh tulang-tulang dari tulang leher sampai tulang ekor. 
Rangka badan tersusun atas lima jenis tulang di bawah ini. 
  1. Tulang belakang, terdiri atas tulang leher, tulang punggung, tulang pinggang, tulang kelangkang, dan tulang ekor. 
  2. Tulang dada. 
  3. Tulang gelang bahu, terdiri atas tulang selangka dan tulang berat. 
  4. Tulang rusuk, terdiri atas tulang rusuk sejati, tulang rusuk palsu, dan tulang rusuk melayang. 
  5. Tulang gelang panggul.

  • Rangka Anggota Gerak

Rangka anggota gerak disusun oleh rangka anggota gerak atas (tangan) dan rangka anggota gerak bawah (kaki).

  1. Rangka tangan terdiri atas tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang ruas-ruas jari.
  2. Rangka kaki terdiri atas tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang tempurung lutut, tulang mata kaki, tulang telapak kaki, dan tulang ruas-ruas jari kaki.

Tidak ada komentar