Mengenal Surat Pribadi

Surat PribadiSurat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat pribadi dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi di antaranya: tidak menggunakan kop surat, tidak ada nomor surat, salam pembuka dan penutup bervariasi, penggunaan bahasa yang bebas (sesuai keinginan penulis), serta isi dan format surat bebas.

Perhatikan contoh surat yang ditulis Maria kepada temannya, Susan yang tinggal di Sorong, Papua!

Jakarta, 25 November 2013

Untuk 
Sahabatku Susan 
Jln. Trikora, Manokwari

Papua Barat

Salam sejahtera untuk Susan temanku,

Bagaimana kabarmu, San? Semoga kamu dan keluarga dalam keadaan sehat dan baik. Aku di Jakarta juga baik, meskipun beberapa waktu lalu aku terserang batuk dan flu.

Oia, sebelumnya, aku minta maaf karena baru bisa mengirimi kamu surat sekarang. Sudah satu tahun kita : tak berkirim surat. Bagaimana dengan teman-teman kita di Manokwari? Aku kangen sama mereka, San. Aku sudah mendapatkan teman baru di sini. Mereka sangat ramah dan perhatian. Suasana di sekolah baruku juga menyenangkan.

Bagaimana dengan liburan semester ini? Apa sudah ada rencana untuk mengisi liburan? Kalau aku, sepertinya hanya di rumah saja. Aku sempat sakit, San. Tadinya, aku khawatir terkena flu burung. Tapi, syukurlah ternyata hanya flu biasa. Ayah dan Ibu bilang aku harus lebih memperhatikan kesehatan. Kata mereka, dengan tidak jajan sembarangan, rajin berolah raga, dan istirahat cukup dapat mencegah kita dari penyakit.

Baiklah, San, sekian dulu surat dariku. Jangan lupa, sampaikan salamku untuk keluargamu dan teman-teman di Manokwari, ya! Semoga kamu sekeluarga selalu sehat. Kutunggu balasan surat darimu.

Salam kangen
Temanmu,

Marina


Mengenal Bagian-bagian Surat

l. Pembukaan
Bagian ini berisi kota dan tanggal penulisan surat, kepada siapa surat ditujukan, salam, dan ucapan pembuka. Ucapan pembuka biasanya berisi pertanyaan tentang keadaan orang yang dikirimi surat.

2. Isi
Bagian ini berisi cerita atau pesan yang ingin disampaikan si pengirim surat. Pada contoh surat Maria, ia menceritakan tentang pengalaman liburan di tempat tinggal barunya, di Jakarta.

3. Penutup
Bagian ini berisi ucapan penutup, salam penutup, dan nama/ tanda tangan si pengirim surat. Bagian ini merupakan bagian untuk mengakhiri isi surat secara keseluruhan.


Bagian-bagian Surat
Bagian-bagian Surat


EmoticonEmoticon